1045

Perbedaan Duvet VS Comforter: Mana yang Lebih Mantep dipakai Tidur?

Duvet VS Comforter, kalo di luar negeri bagian utara, perdebatan mengenai hal ini sudah biasa, ini karena masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan, tapi gimana dengan negara +62? maksudnya Indonesia?

Baik itu Duvet dan Comforter, keduanya sama-sama nggak lazim di Indonesia karena bukan merupakan kebutuhan, selain karena disini adalah negara tropis yang kalo siang panasnya bikin merana, juga ada faktor ekonomi.

Kalo di Indonesia, keduanya biasa disamakan sebagai selimut yang berbeda bentuk, karena memang bagian yang sama cuma fungsi saja.

Oke, daripada bertele-tele, langsung saja kita bahas, antara duvet dan comforter, manakah yang paling cocok dipakai tidur?

Perbedaan Fisik Duvet dan Comforter

Comforter selalu terdiri dari hanya satu bagian, umumnya berwarna putih polos, dengan pola jahitan kotak serta kain yang halus dan lemas. Biasanya bagian dalam terdiri dari isian quilt yang empuk dan menggunakan satu atau dua lapis kain luar.

Ada harga ada rupa, biasanya semakin mahal, maka semakin bagus kain luar baik dari segi bahan maupun TC (Thread Count).

Inilah Bedanya Bed Cover, Quilt, Duvet, Coverlet dan Comforter 3
Selimut Comforter

Sedangkan Duvet terdiri dari dua bagian, yakni isian yang disebut Duvet Inner dan penutup alias sarung duve yang disebut Duvet Cover.

Biasanya isian duvet (duvet inner) saja tidak cocok dipakai langsung sebagai selimut karena umumnya jenis kain tidak terlalu halus dan jahitan lebih kasar, jadi sarung duvet ini wajib.

Review Hotel: POP! Hotel Pabean Cantikan Surabaya Kota 1s
Selimut Duvet

Bila duvet inner biasanya hanya tersedia dalam satu warna polos, maka sarung duvetnya lebih fleksibel dengan pilihan corak dan warna yang buanyak.

Mana yang Lebih Mudah dalam hal Pemakaian dan perawatan?

Yang lebih mudah dalam pemakaian jelas comforter, tinggal taroh di kasur dan bisa dipakai detik itu juga, jadi lebih praktis dan mudah.

Sedangkan duvet lebih sulit dan merepotkan untuk orang yang belum biasa, ini karena duvet inner perlu dibungkus dengan sarung duvetnya dulu. Untuk membuatnya ngepas dan rapi bakalan lebih sulit, jadi bagi perfeksionista mungkin perlu waktu lama, tapi ya… ini cuma masalah pembiasaan saja.

Dari segi perawatan, comforter lebih sulit dicuci, itu karena comforter seberat dan seluas itu harus dicuci utuh, karena kan tidak bisa dibongkar pasang. Biasanya perlu metode laundry yang khusus atau mesin cuci yang besar.

Sedangkan duvet lebih mudah, tinggal pisahkan antara isi dan sarungnya, lalu cuci sarungnya saja, biasanya perlakuannya sama dengan mencuci sprei biasa.

Mana yang lebih cocok dipakai Tidur?

Sekali lagi, di luar negeri bagian utara, baik itu duvet maupun comforter sudah umum digunakan. Sedangkan di Indonesia, duvet lebih banyak dipakai dari pada comforter.

Sejauh ini kita bisa dengan mudah menemukan penggunaan duvet di aneka hotel dan penginapan lain, dan rumah-rumah yang AC nya mantap.

19 Manfaat Menggunakan Selimut Tebal Saat Tidur dan Bagi Tempat Tidur 4

Comforter di Indonesia? hmm… sekedar info saja, sejatinya yang disebut bedcover di Indonesia bisa dianggap comforter juga, karena struktur dan bentuk dasarnya sama.

Yang membedakan antara Comforter dan Bedcover di Indonesia adalah, bedcover cenderung lebih tipis, lebih bergambar dan berwarna, pola jahitan yang bervariasi dan biasanya dijual sepaket dengan sprei set.

Tapi tetap saja Comforter adalah comforter, dengan ciri khas yang sudah ada standarnya, maka bisa disimpulkan kalo comforter dan bedcover tetap berbeda, sayangnya sementara ini belum ada nama resmi dalam bahasa Indonesia.

Review Hotel: Grand Sarila Hotel Yogyakarta g5

Baik itu duvet dan comforter, keduanya sama cocoknya dipakai tidur, namun menurut admin hobitidur.com, lebih cocok dan suka menggunakan duvet, dengan pertimbangan sebagai berikut:

  • Biasanya harga duvet lebih murah
  • Perawatan juga lebih mudah dan murah
  • Ketebalan duvet bisa diatur sesuai keinginan, tinggal ganti isiannya saja.
  • Corak dan motif sarung duvet yang lebih bervariasi
  • Desain luar tanpa jahitan yang lebih mulus
  • Memberikan tema dan nuansa yang selaras pada sprei
  • Memberi kesan seperti hotel

Mungkinkah penggunaan Duvet dan Comforter digabung?

Duvet dan comforter cukup sering digabung, ada dua cara menggabung keduanya.

Yang pertama adalah membungkus comforter dengan sarung duvet, sehingga kesan premiumnya dapat, tetap hangat dan comforter juga lebih terlindungi.

Yang kedua adalah comforter difungsikan sebagai selimut tambahan diatas duvet, ini juga sering dilakukan terutama di kondisi cuaca bersalju dan paparan suhu 0 atau minus derajat celcius yang dengan satu selimut saja bakal tetap membuat tulang berasa beku, perlu pelukan lebih berat supaya tetap hangat.

19 Manfaat Menggunakan Selimut Tebal Saat Tidur dan Bagi Tempat Tidur 8
tidur di selimut tebal

Well, itu hal yang gak mungkin dilakukan di negara +62, kalo nekat yang ada bakalan serasa mandi sauna di tempat tidur, hehe.

Oke, itulah perbandingan antara Duvet dan Comforter yang rasa-rasanya, jadi mungkin tidak terlalu ilmiah atau dibuat komprehensif.

Sebenernya seberapa banyak sih pengguna duvet di Indonesia? penggunanya biasanya berada di ruangan ber-AC, mungkin sedikit sekali ya, kurang dari 1% 😉

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply