305

Mata Berair dan Perih Saat Tidur? Kenali Penyebab dan Temukan Solusinya

Bagi manusia yang punya Hobi Tidur, kualitas tidur bener-bener sangat diperhatikan, karena 1/3 waktu dalam sehari ini punya pengaruh sangat besar terhadap 2/3 waktu sisanya. Masalah tidur kali ini adalah mata yang berair dan perih.

Pingin tidur tapi malah terganggu, jelas ini hal yang sangat tidak diinginkan, padahal sudah waktunya istirahat demi menyambut hari esok, tapi mata tidak bisa diajak berkompromi.

Jadi gejalanya seperti ini, ketika akan terlelap, maka mata tiba-tiba terasa perih dan sedikit panas, lalu diikuti dengan keluarnya air mata, kadang-kadang air mata ini cukup banyak.

Terkadang juga diiringi dengan jantung berdebar dan kepala yang terasa panas, biasanya juga diikuti dengan kenaikan suhu tubuh dan pikiran yang siaga.

Pada dasarnya, air mata adalah cairan pencuci mata, tidak akan keluar tanpa sebab langsung dari mata (kecuali hati yang terluka). Ada beberapa faktor yang dinilai menjadi penyebab masalah tersebut

1 – Paparan Radiasi Sinar Biru

Gadget jaman sekarang memang masih memberi paparan sinar biru, yang efektif membuat mata lelah dan bikin jarang kedip, apalagi kalo maenan sebelum tidur, hal ini yang paling sering menjadi penyebab mata berair, terutama bagi yang matanya selalu fokus di titik tertentu pada gadget dan menatapnya dengan jarak yang sangat dekat.

2 – Iritasi Sabun dan Make Up

Dua faktor ini juga sering terjadi, khusus sabun biasanya dipengaruhi oleh sabun muka, pembersih dan lain-lain. Make up juga berpengaruh, percikan-percikan debu bedak, alas dan lain-lain berpotensi menyebabkan iritasi mata yang berkelanjutan, sangat disarankan menghapus semua make-up sebelum tidur.

3 – Polusi dan Asap Rokok

Berbeda halnya dengan dua masalah diatas, polusi dan asap rokok (atau mungkin abu rokoknya sekalian) tidak berefek langsung, di kondisi tertentu efeknya baru terasa saat tubuh sedang rebahan dan kelopak mata tertutup.

4 – Sengatan Panas

Saat tidur adalah waktunya tubuh untuk rileks, tapi bila tidur pada suhu tinggi, cuaca gerah atau pas lagi musim panas, itu berpotensi membuat mata jadi berair juga, kok bisa? seperti yang kami sebutkan sebelumnya, salah dua gejalanya adalah jantuh berdebar kencang dan kepala terasa panas.

5 – Faktor Lain

Hal lain yang mungkin membuat mata berair tiba-tiba saat tidur adalah masalah pada tubuh, misalnya tensi tinggi, alergi, sakit mata, atau bahkan kena sindrom mata kering.

Mata memang organ yang sangat penting untuk para penghobi tidur, ya iyalah, karena mata menjadi salah satu faktor hormon melatonin bekerja. Lagian, nggak ada juga orang tidur matanya terbuka, ya kan?

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply