9
1822

5 Alasan Hotel Mengecek Kamar Saat Tamu Check-Out

Mungkin ada yang pernah menginap di hotel lalu penasaran, mengapa saat check out resepsionis menghubungi housekeeping melalui walkie talkie / interkom untuk mengecek kamar yang baru kita tinggalkan?

5 Alasan Hotel Mengecek Kamar Saat Tamu Check-Out 3

Saat itu kita biasanya diminta menunggu beberapa saat sampai kita resepsionis bilang “Sudah bisa ditinggal”, atau apa gitu yang penting mempersilahkan kita untuk meninggalkan hotel.

Tidak semua hotel melakukan pengecekan kamar saat tamu check-out, dan kebanyakan hotel yang melakukan pengecekan kamar meminta deposit uang pada saat cek-in, untuk kemudian dikembalikan saat tamu cek-out.

Lalu mengapa pihak Hotel mengecek kamar yang baru ditinggalkan? berikut 5 alasannya:

1- Mengecek Sprei, apakah ada noda baru atau ada yang hilang, misalnya sprei, bantal atau sarungnya, karena sprei hotel tidaklah murah.

5 Alasan Hotel Mengecek Kamar Saat Tamu Check-Out gg

2- Mengecek apakah ada properti hotel yang dicuri, yang dimaksud misalnya handuk, pemanas air, pengering rambut, gelas, remot dan lain-lain. Memang benar ada yang boleh diambil, namun ada juga yang terlarang.

5 Alasan Hotel Mengecek Kamar Saat Tamu Check-Out 2

3- Mengecek apakah ada barang tamu yang tertinggal, karena cukup sering barang tamu tertinggal di kamar hotel, dan tentu saja lebih baik mengecek ulang daripada mengurus ketertinggalan barang milik tamu.

4- Mengecek apakah tamu mengambil air minum tambahan / sesuatu dari minibar, saat tamu kehabisan 2 botol air minum, maka cukup dial atau mengambil air minum besar yang disediakan, atau mungkin saja tamu akan mengambil sesuatu dari minibar, jadi wajar kalo di cek.

5 Alasan Hotel Mengecek Kamar Saat Tamu Check-Out 1

5- Mengecek apakah Kamar bau rokok, karena bau rokok sangat sulit sekali hilangnya, kemampuan bau rokok untuk menempel di kain dan dinding sangatlah merepotkan, denda karena merokok gak main-main, bisa sampai 1 juta Rupiah.

Poin 1, 2 dan 5 apabila bermasalah biasanya akan berbuah denda / penalty, sedangkan poin ke-empat akan diminta untuk membayar biaya tambahan / charge.

Makanya setiap saya menginap di kamar hotel, dan saat cek-out dilakukan pengecekan ulang kamar, kadang ada rasa khawatir dicurangi, meskipun kemungkinannya sangat kecil.

Semoga bermanfaat.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply