8
2219

19 Manfaat Menggunakan Selimut Tebal Saat Tidur dan Bagi Tempat Tidur

Bagi para penghobi tidur yang fokus ke perlengkapan bedding, selimut tebal menjadi salah satu pertimbangan penting untuk mengoptimalkan kualitas tidur. Dan pada kenyataanya, selimut tebal memiliki lebih banyak manfaat dari yang kita ketahui.

19 Manfaat Menggunakan Selimut Tebal Saat Tidur dan Bagi Tempat Tidur 4

Di Indonesia, penggunaan selimut tebal masih sangat jarang, tentu saja dikarenakan iklim yang termasuk panas, posisinya yang berada di katulistiwa membuatnya punya suhu rata-rata yang lebih tinggi dibanding bumi belahan utara lain.

Nah, Jenis selimut tebal yang kami maksud ada dua jenis, yakni duvet atau comforter, di Indonesia ada juga bed cover tebal yang secara bentuk dan sifat hampir mendekati Comforter

Baca juga: Ini bedanya Duvet, Comforter, Bed Cover, Quilt dan Coverlet

Kemudian untuk kriteria selimut tebal ini memiliki bahan katun yang nyaman di kulit, dengan tebal minimal 1,5cm dan bobot sekitar 7 sampai 10 Kg, atau setara 1/7 hingga 1/5 berat tubuh rata-rata orang dewasa. Bila kriteria tersebut sudah tercapai, maka akan didapat manfaatnya.

19 Manfaat Selimut Tebal Saat Tidur dan Untuk Tempat Tidurnya

1- Memberikan Kehangatan, tentu saja, paling optimal adalah menggunakan selimut tebal di dalam ruang ber-AC, bila daerah yang dingin seperti perbukitan, maka selimut tebal adalah cara paling baik untuk memberikan kehangatan yang dibutuhkan.

19 Manfaat Menggunakan Selimut Tebal Saat Tidur dan Bagi Tempat Tidur g

2- Memberikan Rasa Aman, saat tubuh tertutup selimut tebal maka sensasi sentuhan akan terasa lebih kuat dari biasanya, hal ini diyakini memberikan perasaan aman dan ketenangan.

3- Serasa Sedang Dipeluk, perasaan terselip antara sprei dan selimut akan memberikan sensasi pelukan, bobot selimut yang lebih berat memberikan tekanan diseluruh tubuh, seperti sedang dipeluk.

4- Menenangkan Syaraf dan memberikan kesan Rileks, selimut tebal bisa menenangkan ujung syaraf dan stimulasi sentuhan tekanan yang dalam memberikan kesan seperti dipijat sehingga tubuh akan lebih rileks.

5- Cocok bagi yang punya Tidur Aktif, selimut tebal mampu menahan dan mengurangi pergerakan tubuh saat sedang tidur.

6- Bangun tidur dengan perasaan yang lebih baik, berkat selimut tebal, kebanyakan orang merasakan suasana yang lebih santai dan tidur yang lebih nyenyak, sehingga mereka bangun dengan perasaan yang bagus.

19 Manfaat Menggunakan Selimut Tebal Saat Tidur dan Bagi Tempat Tidur 7

7- Sebagai terapi yang bagus untuk penderia Insomnia, menurut penelitian, selimut tebal akan menekan tubuh kebawah lebih kuat, efek pijatan dan relaksasi ini mampu menekan level hormon kortisol pada saat beranjak tidur, sangat cocok bagi yang punya sindrom susah tidur.

8- Secara berkelanjutan bisa meningkatkan kualitas tidur dan fokus, selain insomnia, gangguan tidur bisa juga terjadi berupa tiba-tiba terbangun malam hari, tidak tepat pada waktunya, atau bangun dalam keadaan lemas. Penggunaan selimut tebal diyakini mampu mengarahkan otak untuk mengatur ritme sirkadian menjadi lebih optimal dan efektif.

9- Salah satu metode untuk penyembuhan penyakit, selimut tebal juga secara medis non-obat diyakini menyembuhkan beberapa penyakit dan sindrom, terutama yang berhubungan dengan mental dan syaraf sensorik, termasuk hingga PTSD, Alzheimer, autisme dan mampu menstabilkan tekanan darah serta detak jantung.

19 Manfaat Menggunakan Selimut Tebal Saat Tidur dan Bagi Tempat Tidur 8

10- Cocok untuk yang suka Tidur tanpa pakaian, meskipun sebaiknya tetap berpakaian saat tidur, tapi bagi yang suka tidur tanpa pakaian, selimut tebal juga cocok dan bisa berfungsi menjadi pengganti dari pakaian sebagai kontak pertama dengan kulit.

11- Melindungi dari gangguan Nyamuk, Selimut tebal mampu membentengi tubuh supaya tidak digigit nyamuk, terutama bila memakainya sampai ke dada.

12- Memberikan kesan nyaman dan mengantuk, tubuh yang terbungkus selimut tebal memberikan sinyal ke otak untuk mengeluarkan substansi kimia seperti melatonin, dopamin dan serotonin, ketiganya berfungsi sebagai neurotransmiter yang mengatur tidur, persepsi sensor dan mood ke arah positif, hasilnya adalah nyaman dan ngantuk.

13- Permukaan Tempat Tidur menjadi Kenyal dan Nyaman, isian selimut tebal biasanya mulai dari dakron, katun, sintetis lain hingga bulu. Nah, duduk diatasnya tentu terasa kenyal, lebih empuk dan juga nyaman.

19 Manfaat Menggunakan Selimut Tebal Saat Tidur dan Bagi Tempat Tidur 1

14- Membuat Penampilan Tempat Tidur Lebih Rapi, standar tempat tidur yang rapi dan mewah yang sering terlihat pada gambar selalu memiliki selimut tebal diatasnya.

15- Membuat Kesan Serasa berada di Hotel, Saat ini hampir tidak ada hotel bintang yang tidak memiliki selimut, minimal menggunakan set duvet atau sprei-tiga-lapis, bahkan untuk daerah dingin menggunakan dua lapis selimut tebal.

16- Untuk teman bermain, bisa bermain dengan selimut tebal? bisa saja, kreatifitas diperlukan disini.

17- Menjaga tempat tidur untuk selalu siap Ditiduri, selimut tebal kurang cocok untuk dilihat dalam kondisi berantakan, sehingga saat bangun tidur maka kita akan terpacu untuk merapikan tempat tidur, jadi setiap saat akan cocok untuk ditiduri.

19 Manfaat Menggunakan Selimut Tebal Saat Tidur dan Bagi Tempat Tidur 2a

selimut tebal tipe comforter (aliexpress)

18- Sebagai Salah satu Metode melindungi Matras, selimut tebal mampu melindungi matras dari hal-hal tidak terduga, misalnya tumpahan air seember atau hewan peliharaaan, sehingga matras akan lebih awet.

19- Fungsi lain yang tidak terduga, misalnya untuk menutupi hubungan intim dengan pasangan, alas tidur, dan banyak lagi, silahkan tulis di komentar…


Itulah manfaat selimut tebal yang dirangkum tim HobiTidur.com, tidak disangka bisa begitu banyak, memang kriteria untuk setiap orang berbeda dan menggunakan selimut tebal berat tanpa perhitungan dan kecocokan malah berakibat negatif, misalnya kegerahan atau tersedak.

Lantas seperti apa kriteria selimut tebal yang baik dan juga kondisi penggunaannya? kami akan bahas di lain waktu.

Referensi: 1, 2, 3.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply