125
49303

Inilah Bedanya Bed Cover, Quilt, Duvet, Coverlet dan Comforter

Di Dunia bedding modern, sepertinya sudah tidak asing dengan kata-kata seperti Bedcover, Quilt dan Duvet, tiga hal pertama cukup sering ditemukan, terutama di hotel-hotel berbintang, tapi bagaimana dengan Coverlet dan Comforter?

Inilah Bedanya Bed Cover, Quilt, Duvet, Coverlet dan Comforter t

Memang ya, istilah luar negeri yang bisa menjadi kata serapan kadang disimpelkan bila penggunaannya tidak terlalu umum, khususnya karena ini adalah Indonesia.

Mengapa begitu? Indonesia adalah negara tropis dimana suhu rata-rata cukup tinggi sehingga penggunaan selimut sebenernya cukup jarang, dan bila tim Hobitidur.com membuatnya lebih simpel, maka Quilt, Duvet, Coverlet dan Comforter bisa dianggap sebagai “Selimut”

Baca juga: Mana yang Lebih baik untuk Selimut: Duvet atau Bed cover?

Sedangkan Bed Cover sebenernya memiliki dasar fungsi yang berbeda, tapi pada dasarnya adalah Selimut juga. Langsung dibahas saja:

Bed Cover

Bed Cover, sumber: Blibli

Sesuai namanya Bed Cover sendiri sebenernya merupakan penutup tempat tidur yang di quilt, biasanya cukup tebal dengan kain permukaan luar polyester atau katun, dan bisa difungsikan sebagai selimut. Di Indonesia seringkali bed cover dijual sepaket dengan sprei dan sarung bantalnya.

Duvet

Ini merupakan selimut quilt yang tebal dan memiliki efek isolator, alias tidak menghantarkan panas, dan ketebalannya diukur dengan satuan TOG. Duvet memerlukan penutup Duvet (duvet cover) sebelum difungsikan sebagai selimut sehingga bisa dianggap sebagai selimut paling nyaman.

Umumnya Duvet berwarna putih, memiliki isian bulu atau sintetis lain dan bisa juga berfungsi sebagai penutup tempat tidur. Di Indonesia istilah duvet tidaklah umum karena sering digunakan di Hotel saja, dan juga lebih sering dianggap sebagai Quilt dan Quilt Cover.

Quilt

Inilah Bedanya Bed Cover, Quilt, Duvet, Coverlet dan Comforter f

Simpelnya, ini bisa disebut sebagai bed Cover namun punya fungsi sebagai selimut dan tidak ada desain khusus. Terdiri dari 3 lapisan: bagian atas yang dekoratif, batting (atau isi) dan alas. Ketiga lapisan itu disatukan dengan jahitan yang bisa menambahkan pola dekoratif lainnya atau cukup dengan jahitan grid silang.

Comforter

Inilah Bedanya Bed Cover, Quilt, Duvet, Coverlet dan Comforter 3

Penutup tempat tidur yang tebal dan sesuai namanya memiliki fungsi utama sebagai Selimut yang membuat nyaman. Biasanya tidak memiliki pola dekorasi dan warnanya polos dan sangat simpel, bahan kain luar sudah nyaman dan halus, dan dijahit dengan pola kotak-kotak simpel, atau berpola seperti Quilt. Selimut ini umumnya langsung digunakan tanpa cover.

Coverlet

Inilah Bedanya Bed Cover, Quilt, Duvet, Coverlet dan Comforter 1

Semacam selimut ringan, lebih tipis, kecil dan simpel daripada comforter, dan bisa jadi di Quilt. Biasanya Coverlet dipakai sebagai penutup tempat tidur (bed cover) atau penambah kehangatan selimut biasa, juga bisa juga sebagai selimut di ruang tamu atau dengan tujuan dekoratif.

Selimut

Selimut merupakan kain yang memang didesain sebagai selimut, tanpa ada tujuan lain. Tipe-nya banyak dan mereferensikan bahan yang digunakan, mulai dari selimut flanel, sutra, bulu, wol, katun, fleece dan banyak lagi.

Oke, sudah paham kan, kebanyakan merupakan istilah luar negeri dan cuma beda sedikit saja. Salah sebut tidak masalah karena ini adalah Indonesia dimana sejauh yang kami tau, kata baku serapan masih belum ada. Malah lebih humanis kalo semuanya dianggap sebagai Selimut saja.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply