53
2118

7 Cara Terbaik Menghindari Gigitan Nyamuk Saat Tidur

Saat tidur adalah saatnya waktu berkualitas, kita biasanya tidak akan mau diganggu oleh hal-hal yang memang tidak kita inginkan, terutama nyamuk yang mengincar orang saat tidak berdaya, saat sedang terlelap dan bermimpi.

7 Cara Terbaik Menghindari Gigitan Nyamuk Saat Tidur 1

Nyamuk biasa palingan cuma membuat bentol-bentol dan gatal, tapi gimana kalo itu nyamuk yang menyebarkan penyakit? macam Aedes Aegypti gitu? mungkin juga tidak akan masalah bila tidak ada wabah di daerah tersebut.

Namun sekali nyamuk tetap saja nyamuk, selain menyerang secara fisik, bisa juga menyerang secara pikiran, membuat was-was dan tidur tidak nyenyak, suara berdengung yang menyebalkan bisa jadi sukses membuat ngantuk jadi segar? Lah… kapan istirahatnya?

7 Cara Termudah Menghindari Gigitan Nyamuk Saat Tidur

1 – Tidak tidur di Ruangan Terbuka

Nyamuk biasanya “bersembunyi” di kebun, ladang, tempat penimbunan sampah dan botol, hingga gantungan baju, kebanyakan Nyamuk selalu eksis diluar yang artinya tidur di ruangan terbuka meningkatkan resiko kita menjadi mangsa empuk nyamuk. Maka Tidurlah di dalam rumah.

Perlu juga untuk membersihkan lingkungan dengan menutup tempat-tempat yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk dan sarang.

2 – Menggunakan Kipas Angin atau AC

Ini memang cara paling simpel, nyamuk yang ringan memang lebih sulit untuk terbang stabil saat terkena angin, boro-boro mau “mencoblos”, hinggap saja sudah susah, cara ini lebih efektif bila arah anginnya stabil.

Ruangan Ber-AC yang berarti ruangan tertutup juga lebih aman dari nyamuk, selain karena kita cenderung berpakaian tertutup dan berselimut, kebanyakan nyamuk enggan masuk di kamar yang tidak punya sirkulasi udara secara alami dengan luar ruangan.

3 – Memakai baju dan sprei berwarna cerah

Memakai baju berwarna gelap meningkatkan resiko jadi target nyamuk, nyamuk melihat warna gelap sebagai siluet yang mengidentifikasi sebagai mangsa, terutama bila kita tidurnya aktif alias sering bergerak.

Menggunakan baju atau pakaian, dan juga seprei cerah membuat kita seperti berbaur dengan lingkungan dan lebih menyulitkan sang nyamuk untuk menentukan target.

4 – Menggunakan Lotion anti nyamuk

Lotion anti nyamuk alias obat nyamuk oles memang efektif menangkal gigitan nyamuk, sayangnya lotion ini berbahan aktif DEET (N,N-dimethyl-m-toluemide) yang bagi sebagian orang tidak cocok, hingga bisa menyebabkan iritasi dan alergi.

5 – Obat nyamuk? Semprotan atau Elektrik juga efektif

Dua anti nyamuk yang efektif dan aman jaman sekarang adalah melalui semprotan dan elektrik, semprotan mengubah cairan menjadi gas yang efektif menyingkirkan hingga membunuh nyamuk, sebaiknya menggunakannya mulai beberapa jam sebelum tidur dan tidak terlalu banyak, karena efeknya buat manusia tetap ada.

Sedangkan untuk obat nyamuk elektrik juga efektif dan hemat, namun tentu saja mencemari ruangan sepanjang malam dengan obat anti nyamuk.

6 – Menggunakan Kelambu Tidur

Kelambu tidur yang menutupi tempat tidur merupakan cara tradisional, tapi efektif. Cara ini biasa dipakai di jaman tahun 90 an di daerah pedesaan yang berbatasan dengan kebun-kebun, sekarang sudah jarang dipakai.

Alternatif bila tidak menggunakan kelambu tidur, yakni dengan kasa anti nyamuk atau jaring anti nyamuk yang menutupi kamar, jadi sirkulasi udara tetap bagus.

Belakangan cara ini sangat cocok untuk tempat tidur bayi, yang memang lebih baik tidak menggunakan lotion anti nyamuk, atau berada di kamar dengan obat nyamuk.

FYI: Pemilihan kelambu tidur yang baik, bisa juga menghasilkan kesan romantis

7 – Hindari Penggunaan Parfum, sebaiknya di kamar tidur gunakan wangi serai, lavender dan eukaliptus

Kebanyakan jenis wewangian, parfum-parfum dan aroma yang dipancarkan badan berpotensi menarik perhatian nyamuk untuk “mencicipi” darah kita, oleh karena itu sebaiknya memastikan bau di sekitar kita senetral mungkin.

Akan lebih baik bila meletakkan bau yang dibenci nyamuk di sekitar kita, seperti Serai, Lavender, Eukaliptus dan lainnya, wangi tersebut tidak disukai nyamuk, bisa digunakan sebagai pengharum ruangan atau aroma terapi.

FYI: Lavender biasanya dipilih karena aroma ini mampu membuat tidur lebih nyenyak


Tidur tanpa nyamuk di sekitar kita adalah sebuah kenikmatan, puas dan tanpa was-was, tidak perlu ada merah-merah bentol dan bekas garukan, dan mengurangi resiko penularan penyakit saat sedang mimpi indah.

Semoga bermanfaat

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply