65
14239

Selimut Bedcover atau Quilt/Duvet: Mana yang Lebih Baik?

Perbandingan pengguna selimut, mana yang lebih baik antara BedCover atau Quilt / Duvet?

Indonesia adalah negara tropis, mayoritas daerahnya panas apalagi kalo musim kemarau biasanya orang bilang “Sauna” atau “Lama-lama Mateng”, tidak heran kalo orang biasanya tidur tidak pernah pakai selimut.

Selimut Bedcover atau Quilt/Duvet: Mana yang Lebih Baik? 5

Karena cuacanya panas itulah, banyak yang pakai AC di ruangan supaya bisa nyenyak tidur, namun seiring berjalannya waktu, penggunaan AC inverter yang kadang lambat menurunkan suhu ruangan, bisa membuat suhu semakin turun hingga membuat menggigil, malah justru membangunkan kita sebelum waktunya.

Maka disini ada peran selimut yang bertujuan membuat tubuh hangat, perpaduan antara AC dan Selimut membuat suasana tidak gerah tapi badan tetap hangat, sehingga membuat tidur lebih nyenyak.

Oke, selimut yang biasa kita kenal adalah selimut kain tipis lembaran biasa atau bisa juga selimut flanel yang berbulu dan hangat. Kita akan coba bahas dua tipe selimut yang kurang banyak peminatnya, yakni bedcover dan duvet.

Tentang BedCover dan Duvet

Oke, penjelasan singkat saja, bed cover itu adalah kain lembaran yang berisi dakron atau silikon dan dijahit mati. Fungsi utama sesuai namanya, yakni menutupi tempat tidur sehingga biasanya warna/motifnya selaras dengan sprei atau sarung bantal.

Selimut Bedcover atau Quilt/Duvet: Mana yang Lebih Baik? 3

Sedangkan Duvet adalah lembaran yang juga biasa diisi bulu, sintetis atau bisa juga dakron dan silikon, biasanya berwana putih polos dengan jahitan mati dengan pola kotak atau desain tertentu.

Duvet yang ada di Indonesia kebanyakan punya tekstur kain permukaan yang kasar dan berongga sehingga untuk menggunakannya sebaiknya dipakaikan sarung duvet. Gabungan antara Isian Duvet dan Duvet Cover disebut Duvet Set

Duvet seringkali disamakan dengan Quilt padahal menurut pengertian dari istilah asalnya jelas berbeda.

Keunggulan dan Kekurangan BedCover

+ Harganya terhitung lebih murah, terutama bila dijual sepaket dengan Spreinya
+ Motifnya bagus dan selaras dengan sprei
+ Cocok untuk yang suka permukaan bertekstur dan sentuhan jahitan
+ BedCover yang bagus dengan dakron atau silikon akan awet walaupun dicuci berkali-kali, tetap tebal dan tidak menggumpal.
+ Dalam pembelian selalu mendapat bonus Tas.

– Susah dicuci sendiri, karena kainnya berat dan tebal, terisi dakron atau silikon sehingga menyusahkan untuk dicuci walau dengan mesin cuci, sebaiknya menggunakan jasa laundry.
– Seringkali bahannya tidak cocok sebagai selimut, karena kainnya yang kasar dan panas, atau bahan yang terlalu tebal.
– Bedcover yang murah biasanya punya bahan kain yang kurang bagus, jahitan tidak rapi dan isian yang jelek. Makin mahal makin bagus.
– Bila bahan kain bedcover jelek, maka hanya dalam beberapa bulan kain akan terasa berpasir.
– Tidak bisa diganti motif lain karena isi dakron atau silikon tidak bisa dikeluarkan
– Kebanyakan hanya cocok untuk dipakai pada satu sisi saja.
– Setelah cukup lama digunakan, biasanya kualitas menurun.

Selimut Bedcover atau Quilt/Duvet: Mana yang Lebih Baik? 1

Keunggulan dan Kekurangan Duvet Set

+ Praktis, Bisa dibongkar pasang karena antara cover dan isi tidak dijahit menyatu.
+ Bisa diganti motif sesuka hati.
+ Kotoran ringan cuma akan mengenai duvet covernya saja, isinya tidak.
+ Mudah dalam pembersihan karena cukup mencuci duvet covernya saja.
+ Kain duvet cover seperti halnya Seprei yang halus dan mulus, cocok bagi yang kurang suka tekstur dan kenyamanan tanpa gangguan.
+ Makin mahal harganya, makin bagus bahan kainnya, makin tinggi kandungan katun dan thread count, sehingga makin nyaman dan halus.
+ Sebagai isolator yang baik dan paling cocok untuk ruangan ber-AC.
+ Membuat suasana hangat dan cozy karena duvet biasa diaplikasikan di Hotel dan Apartemen.

– Secara keseluruhan, harganya lebih mahal untuk satu set duvet dan covernya, tapi untuk selanjutnya bisa lebih murah karena cuma membeli kain duvet covernya saja.
– Walaupun begitu, kain Duvet cover yang berkualitas tetap saja mahal.
– Perlu kecocokan ukuran antara duvet dan covernya.
– Memasang duvet cover kadang susah, terutama bila ukurannya besar.
– Masih jarang yang menjual di Indonesia, terutama dengan ukuran yang kita inginkan, motifnya juga sedikit, kebanyakan polos.

Oke, Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan sendiri, jadi mana yang lebih baik bila dijadikan selimut??

BedCover memang kesannya simpel karena pada dasarnya bukan selimut, tapi cocok sebagai selimut. Untuk menentukan ketebalan, maka harus disesuaikan dengan kebutuhan kamar, karakteristik pengguna apakah mudah gerah atau jarang berkeringat? selain itu tipe ruangan maupun suhu dalam kamar juga berpengaruh.

Kemudian untuk Set Duvet, memang didesain sebagai selimut karena duvetnya sendiri merupakan isolator yang baik, terasa sejuk tapi tidak gerah dan sangat cocok untuk ruangan ber-AC atau di daerah dingin.

Lapisan luar berupa kain katun yang halus dan menyerap keringat membuatnya cocok untuk semua orang. Kita bisa mencontoh penerapan pada Hotel maupun apartemen.

Semoga bermanfaat

Sumber gambar: Tokopedia, Alibaba

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply