16
1302

7 Pertimbangan Penting Sebelum Membeli Sprei via Online

Era digital, apa saja bisa dibeli, termasuk sprei, dan bahkan sampai tempat tidur macam springbed dan dipan juga bisa dibeli, kali ini dari hobitidur memberikan sedikit tips sebagai pertimbangan penting sebelum membeli sprei via online.

Ya, kami sudah beberapa kali membeli sprei secara online, ada yang puas dan ada yang mengecewakan, hal ini bisa dimaklumi karena namanya beli online tentu tidak bertatap muka.

Membeli sprei secara online memang perlu kehati-hatian, apalagi bila sprei tersebut harganya mahal.

7 Pertimbangan penting sebelum membeli Sprei secara Online

1- Tipe Toko Online

Bila sudah menentukan motif produk dan merek, maka perhatikan apakah beli di toko online biasa atau via marketplace (pasar online) jika di marketplace, maka biasanya bisa dengan mudah mendapatkan harga termurah dengan produk yang sama. Bahkan bisa juga mendapatkan potongan harga dan ongkos kirim.

2- Jenis Bahan

Biasanya penjual hanya menulis keterangan bahan seperti: katun lokal, katun premium, CVC, Catra, microtex, tencel, sutera dan lainnya, tapi jarang yang mencantumkan secara detail mengenai komposisi dan karakter bahan, silahkan tanyakan apabila masih kurang yakin.

3- Motif Sprei

Apabila sprei yang ingin dibeli memiliki motif, maka perlu diketahui bahwa motif tersebut tidaklah mutlak, gambar yang diperlihatkan bisa saja berbeda dengan saat sampai di tempat, hal ini biasanya terjadi untuk motif-motif asimetris dan gambar.

4- Ukuran

Perhatikan! bila mencantumkan detail ukuran seperti 160 x 200 atau 120 x 200, maka masalah selesai, tapi apabila yang dicantumkan adalah twin, king, quenn, maka ini detail daftar ukurannya

  • 90 x 200 = Small Single
  • 100 x 200 = Single
  • 120 x 200 = Extra Single / Twin
  • 140 x 200 = Small Quenn / Full
  • 160 x 200 = Quenn
  • 180 x 200 = King
  • 200 x 200 = Extra King
  • 220/230 x 200 = Extra King Double

Itu sesuai dengan yang ada di Indonesia, namun tidak mutlak, karena pengertian antar penjual bisa berbeda, dan bila mengacu ke negara lain, standar diatas kemungkinan besar tidak sama.

5- Ada karet di 4 sudut atau tidak?

Ini karena ada dua tipe sprei, yakni Fit dengan empat karet atau seluruh sisi dengan karet dengan ukurannya sesuai diatas, dan juga satu lagi yaitu Flat, tipe tersebut tidak punya karet di keempat sudut, jadi bila pada judul atau deskripsi produk ada kata “Flat”, maka kemungkinan besar tidak ada karet sudut.

6- Jumlah Sarung Bantal dan Guling

Bila mengacu pada standar umum yang ada di Indonesia, ukuran sprei dengan lebar dibawah 150 cm, hanya mendapat 1 sarung bantal dan 1 sarung guling, sedangkan diatas 150cm akan mendapat 2 sarung bantal dan 2 sarung guling.

7- Paling penting! Motifnya pada Sprei atau Bed Cover?

Hal ini sering terjadi untuk sprei yang mereknya tidak umum, khususnya apabila gambar menunjukkan sprei satu set dengan bed cover / duvet, sedangkan penjualannya hanya berisi satu set sprei. Disini perlu dijelaskan, yakni manakah motif sprei yang didapat? apakah yang di gambar sprei atau Bed Cover? tanyakan pada penjual.

Itulah 7 Pertimbangan sebelum membeli sprei via online, mungkin daftar diatas tidak lengkap atau bisa jadi berlebihan, mudah-mudahan bisa membantu pembeli untuk menghindari kekecewaan setelah membeli.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply