11
2653

Teliti Sebelum Membeli: 5 Jenis Mattrass Protector dan Peruntukannya

Mattrass Protector alias pelindung Matras/Kasur secara fungsi utama memang hanya melindungi kasur, tapi ternyata ada beberapa jenis dan tipe dan tentu saja bisa memberikan fungsi yang berbeda atau lebih banyak.

Sebelumnya kami sudah pernah memposting mengenai manfaat menggunakan Mattras Protector, kali ini coba untuk membahas jenis-jenisnya, karena kebetulan ini adalah bidang yang kami tekuni.

Jadi sejauh ini ada 5 tipe Mattrass Protector yang kami kelompokkan berdasarkan penempatan, jenis mattrass dan fungsinya. Semua tipe dibawah ini sudah bisa dibeli di Indonesia.

1- Mattrass Protector tipe Standar

Mengapa Pakai Mattrass Protector/ Pelindung Kasur? Ini Alasannya 5

Matrass protector tipe Standar ini bisa ditemukan dimana saja, paling sering di Hotel. Ukurannya cukup tipis dan maksimal 1cm, umumnya berbentuk quilt dari bahan katun atau polyester dengan tingkat kerapatan benang yang bervariasi tergantung harga.

Tersedia dalam 3 tipe, yakni cuma selembar diatas, dengan karet keempat sudut, atau menutupi semua sudutnya. Perlindungannya minimal dan sudah melindungi kasur dari air secara minimal berkat daya serap yang baik.

Tipe ini cocok untuk mattrass / kasur anda yang nyaman, karena tipe ini tidak mengurangi manfaat dari matras. Jadi, bila punya kasur springbed yang nyaman, maka cukup gunakan tipe ini agar sensasi kenyamanan di kasur tersebut tetap dirasakan oleh tubuh.

2- Mattrass Protector tipe Waterproof

Teliti Sebelum Membeli: 5 Jenis Mattrass Protector dan Peruntukannya f

Kalo yang ini juga bisa ditemukan dimana saja karena juga umum digunakan, bahannya macam-macam, mulai dari Taslan Polyester, Terry, Polyurethane, parasut, TPU dan lainnya. Paling sering biasanya adalah Terry yang punya grip lebih baik dan lebih senyap.

Bentuknya mirip seprei pada umumnya dan memiliki karet di 4 sudut atau sekeliling, paling efektif untuk melindungi matras yang memang sedang di kondisi rentan, misalnya punya bayi, atau berada di dekat orang yang membangunkan orang tidur dengan cara diguyur air seember.

3- Mattrass Protector tipe full cover

Teliti Sebelum Membeli: 5 Jenis Mattrass Protector dan Peruntukannya f

Sering disebut sebagai Full Mattress Cover yang fungsinya menutup keseluruhan mattrass tanpa terkecuali, tidak hanya kedap air dan debu, tapi juga kedap udara dan tahan terjadap bakteri dan kutu debu, kutu busuk dan hewan-hewan lainnya.

Bahannya bervariasi, mulai dari taslan, parasut tipis, katun combed, polyester hingga bambu fiber. Biasanya memiliki resleting pada bagian samping, dan pada bagian atas ada semacam bantalan tipis yang di quilt berisi dakron agar lebih nyaman.

4- Mattrass Protector tipe Padded / Topper / Cushion

Fungsi inti matras protector tipe ini adalah untuk meningkatkan kenyamanan tempat tidur secara drastis, berbentuk bantalan topper tebal antara 3 – 8 cm yang bisa dikaitkan diatas kasur di keempat sudut.

Terdiri dari beberapa tipe yang bisa dipilih, misalnya tipe latex topper, cushion topper yang berbentuk bantalan luas atau bisa juga tipe Padded Topper yang biasanya memiliki lapisan quilt diatasnya, bisa berisi katun, polyester dan lainnya.

Semakin mahal biasanya memiliki lapisan waterproof dan juga rongga untuk menyalurkan panas.

5- Mattrass Protector tipe anti Alergi dan Terapi

Tipe ini cukup jarang di Indonesia karena punya fungsi utama yang sangat spesifik, yakni melindungi matras sekaligus optimal bagi penggunanya, tipe ini paling mahal karena biasanya punya bahan berkualitas.

Karena kualitas itulah, disebut anti alergi, dan secara efektif diklaim menangkal kutu debu, tungau, kutu busuk, jamur dan alergen lainnya. Bahannya bermacam-macam dan diproses dengan teknologi canggih.

Ada juga yang memiliki fungsi terapi, bisa berisi magnet atau penekanan dan penguatan pada sudut tertentu, bisa digunakan untuk mengobati stres atau nyeri pada tubuh, biasanya tipe mattras protector terapi ini sudah anti-alergi juga.


Oke, itu adalah sedikit gambaran mengenai jenis-jenis mattrass protector, untuk harga masing-masing sangat bervariasi, tergantung dari merek, jenis bahan dan ukurannya, silahkan sesuaikan dengan konsultasi dengan penjual. [mc]

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply